16 DESA DI PATI TERIMA BANTUAN PAMSIMAS


(Pati) - Enam belas desa di Kabupaten Pati tahun ini mendapat bantuan program penyediaan sarana air minum dan sanitasi berbasis reguler (PAMSIMAS). Keenam belas desa itu, Kamis pagi, 2 Agustus 2012 menandatangani surat perjanjian pemberian bantuan, di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kabupaten Pati.

Keenam belas desa menerima total bantuan PAMSIMAS tersebut masing-masing senilai Rp.275juta. Dana tersebut bersumber dari APBN 70 persen, APBD Kabupaten Pati 10 persen dan 20 persen suadaya masyarakat desa penerima bantuan. Selain itu Desa Babalan kecamatan Gabus dan Desa Klumpit Kecamatan Tlogowungu, juga menerima dana tersebut, yang bersumber dari APBD Kabupaten Pati 2012 dan swadaya masyarakat.

Kepala Bapermades Pati, Sugiharto SH MM kepada jurnalist yang mewawancarainya mengatakan, setelah penandatangan perjanjian penerimaan bantuan itu, des-desa penerima program dapat mencairkan bantuan melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat atas sepengetahuan Kades setempat.

“Khusus tahun 2012, ada 16 desa yang mendapatkan bantuan regular PAMSIMAS, dan dua tambahan desa lainnya dengan kategori replikasi,” jelasnya.

Bantuan program PAMSIMAS dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum kepada kepada desa-desa di Kabupaten Pati, sebagai upaya pemerintah meningkatkan akses pelayanan air minum, dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan, dan daerah pinggiran kota. Sehingga masyarakat dapat menerapkan praktik hidup bersih dan sehat secara benar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

Sumber : PAS Fm Pati

 
Web Designed by Evomedia Group