Sosialisasi PSU Sampai Pelosok Desa

PATI - Banyak cara yang ditempuh KPU Pati untuk menyosialisasikan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pilkada pada 16 Juni. Tidak cukup dengan sosialisasi secara formal, KPU juga bersiap mengumumkan secara terbuka dengan berkeliling sampai pelosok desa.
“Sosialisasi pencoblosan PSU akan kami lakukan sampai ke pelosok desa. PPK yang akan melakukan dengan mobil keliling H-1 pencoblosan,” ujar anggota KPU Pati, Endro Jatmiko, kemarin.

Upaya tersebut untuk mengingatkan masyarakat agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00 hingga 13.00. Selain itu, juga memberikan pemahaman bahwa pencoblosan dilakukan sekali agar sah.

“Sosialisasi dalam bentuk seperti itu penting. Justru itu lebih mengena di masyarakat karena mereka mendengarkan langsung,” kata Endro.

Di luar itu, sosialisasi dalam bentuk tatap muka dengan sejumlah pihak juga dilakukan KPU. Setidaknya ada dua kali pertemuan di kantor KPU untuk pelaksanaan itu, sedangkan di tiap kecamatan sosialisasi serupa dilakukan sekali.

Endro mengakui, sosialisasi PSU kali ini memang perlu lebih diintensifkan daripada pilkada tahun lalu. Sebab, banyak masyarakat yang cenderung cuek sehingga tidak terlalu memperhatikan waktu pencoblosan.
“Dalam berbagai kesempatan pertemuan warga juga kami upayakan disisipi sosialisasi PSU, termasuk menggencarkan pengumuman di radio untuk mengingatkan masyarakat,” tandasnya.

Sejalan dengan itu, 25 lembar spanduk dipasang di titik strategis di kawasan perkotaan Pati dan 21 wilayah kecamatan. Untuk masuk ke desa-desa, Endro menyiapkan spanduk. “Stiker dalam jumlah banyak juga telah kami sediakan untuk disebar ke seluruh wilayah di Pati,” ujarnya. (H49-60).

Sumber: http://www.suaramerdeka.com---






 
Web Designed by Evomedia Group