DARI REMBUK WARGA LAHIRKAN KONSEP CITY WALK “PENJAWI PASAR BENGI”

(Pati, Kota) - Warga Pati kini semakin mudah untuk berekreasi bersama keluarga, jalan-jalan malam sambil menikmati kuliner. Kawasan Penjawi Pasar Bengi, dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi. Seperti apa konsep Penjawi Pasar Bengi, yang resmi dibuka Jumat sore, 11 Mei 2012.

Pemandangan Jalan Penjawi di Kelurahan Pati Lor, yang biasanya ramai dengan kendaraan-kendaraan yang berseliweran, tapi jalan sepanjang hampir 1 KM itu, setiap sore hingga malam hari telah berubah menjadi pasar malam.  Disepanjang jalan tersebut, akan terlihat tenda-tenda pedagang kaki lima menjajakan jualannya, mulai dari yang berjualan makanan dan minuman, pakaian sampai jasa penyewaan mainan anak-anak.

Kepala Kelurahan Pati Lor Kabul Adi Rusmanto BA mengatakan, memunculkan Penjawi Pasar Bengi merupakan gagasan lama warga, untuk meningkatkan perekonomiannya melalui kegiatan sektor informal, usaha produktif.

“Sudah lama ini, sejak tahun 2009 dan baru terealisir hari ini, pelaksanaan dan peresmiannya. Meski kekurangan-kekurangan itu masih harus kita akui, nanti kita akan benahi sambil jalan. Dan saya tidak akan menutup informasi, kritik dan saran dari warga yang bersifat membangun,” jelasnya.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mekarsari Kelurahan Pati Lor Mardiyanto mengatakan, seluruh pendanaan kegiatan Penjawi Pasar Bengi dari APBN senilai Rp. 1 milyar, untuk menunjang penataan lingkungan permukiman berbasis komunitas (PLP-BK).

“Program PLP BK merupakan program yang mengharuskan koordinasi dengan masyarakat. Jadi program ini lahirnya bukan dari BKM PNPM Mandiri Perkotaan tapi kehendak masyarakat. Dari lima prioritas ternyata yang diambil satu yakni penataan PKL dimana masyarakat terlibat didalamnya,” tutunya.

Penjawi Pasar Bengi setiap harinya buka mulai pukul 4 sore sampai 12 malam. Pada tahap awal, kegiatan itu baru mengakomodir 58 PKL, yang terlebih dulu mendapatkan pelatihan dan pembinaan usaha ekonomi mikro.

Hadirnya Penjawi Pasar Bengi langsung mendapat tanggapan dari warga, seperti Vina warga setempat. Konsep pasar malam seperti Penjawi Pasar Bengi dapat menjadi pilihan untuk berekreasi bersama keluarga.

“Sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini. Bisa menjadi satu pilihan belanja dan rekreasi keluarga,” katanya.

Pj Bupati Pati Indra Surya berharap, penataan Penjawi Pasar Bengi sebagai koridor jalan penjawi menjadi sentra kegiatan ekonomi produkstif dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di Pati.

“Sehingga ini menjadi satu kebersamaan dan pemberdayaan potensi masyarakat untuk melaksanakan program pemerintah. Yang terpenting perekonomian masyarakat meningkat untuk menghidupi keluarganya. Sehingga potensi ini dapat dikembangkan ke daerah-daerah lain dan membuka lapangan pekerjaan,” terangnya.

Pj Bupati Indra Surya bersama pejabat Muspida lainnya, saat meninjau usai peresmian, menyempatkan mampir disalah satu tenda PKL untuk menikmati soto. Pemotongan pita dan penempelan stiker mendandai peresmian Penjawi Pasar Bengi.(*)  


Sumber : http://pasfmpati.com

 
Web Designed by Evomedia Group