PERPUSTAKAAN UMUM PATI MASUK ENAM BESAR JAWA TENGAH

(Pati, Kota) - Tim Lomba Perpustakaan tingkat Jawa Tengah melakukan penilaian terhadap perpustakaan umum Kabupaten Pati. Penilaian itu, karena perpustakaan umum Kabupaten Pati, masuk dalam enam besar tingkat Jawa Tengah. Setelah masuk enam besar tingkat Jawa Tengah, Perpustakaan Umum Kabupaten Pati kini memberi kesempatan tim lomba perpustakaan umum tingkat Jawa Tengah untuk melakukan penilaian. Dari hasil penilaian itu, tim lomba akan menentukan satu dari enam perpustakaan umum untuk mewakili Jawa Tengah ke lomba yang sama ditingkat nasional.

Ketua Tim Penilai yang juga Kabid Pengembangan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Arpus Propinsi Jawa Tengah, Dra Titik Rahayoe MSi mengatakan, dalam lomba perpustakaan itu, tim akan menilai dua belas aspek perpustakaan.

“Dua belas aspek itu, ada gedung, buku koleksi, yang terakhir kita menilai pemanfaatan teknologi informasi. Sehingga sekarang ini sudah ada perpustakaan digital, dan beberapa alih media. Nah sejauhmana perpustakaan di Kabupate/Kota di Jawa Tengah ini mengembangkan program-program IT-nya,” jelasnya.

Lomba tersebut, kata Titik Rahayoe, juga untuk memotivasi dan membangun perpustakaan Kabupaten/Kota untuk mengembangkan perpustakaan digital. Selain itu, sebagai jendela ilmu, untuk belajar apa saja, serta menumbuhkan gemar membaca sebagai sarana mengurangi angka kemiskinan.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daeah (Arpusda) Pati, Suminah SPd MPd mengatakan, kesiapan menghadapi penilaian ini, salah satunya meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung diperpustakaan umum Kabupaten Pati.

“Khusus untuk perpustakaan umum Kabupaten Pati ini, kita upayakan dimana tahun 2012 ini kita masuk enam besar dari provinsi Jawa Tengah, inilah indikator peningkatan kinerja kami.Ya nantinya kita berupaya dengan adanya lomba perpustakaan ini, kita dapat memberikan pelayanan maksimal mulai kepada jenjang PAUD sampai purna tugas,” jelasnya.

Di Jawa Tengah sendiri, lomba perpustakaan umum tahun ini diikuti 35 Kabupaten/Kota. Dan perpustakaan umum yang pernah meraih juara pertama tidak diperkenankan kembali untuk mengikuti lomba ini.(*)

Sumber : PAS Fm Pati

 
Web Designed by Evomedia Group